Cara Menjadi Pintar di Sekolah dan Juara Kelas

Artikel terkait : Cara Menjadi Pintar di Sekolah dan Juara Kelas


Buat yang berambisi untuk merajai kelas, sastraku.com punya sedikit trik nih teman-teman, buat kamu yang pengen menjadi juara kelas. menjadi juara kelas menjadi dambaan setiap pelajar karena selain terkenal pintar, kita juga mendapat perhatian khusus dari orang tua, teman-teman, guru-guru, serta orang-orang disekitar kita, bukan itu saja, suatu saat ketika kita sudah dewasa akan terkenang bahwa kita sempat merajai kelas, dijadikan teladan buat anak-anak kita nantinya.  Suatu ketika saya mendengar penuturan seorang ibu,  ketika itu  mengatakan kepada saya bahwa raport suaminya masih ada hingga sekarang, nilai-nilai roport itu dijadikan motivasi buat anaknya, menurut pengakuan ibu tersebut, suaminya ketika sekolah dulu termasuk orang yang berprestasi dikelasnya.Kembali kepada topik cara mudah menjadi juara kelas, karena sudah panjang lebar saya akan membeberkan rahasianya kepada teman-teman semua.


1.    Memperhatikan waktu belajar yang tepat
Adakalanya waktu yang tepat untuk digunakan dalam menhafal pelajaran, diantara waktu-waktu tersebut adalah : waktu sahur atau waktu yang menyamainya, sekitar jam tiga atau lebih, kemudian waktu antara sholat maghrib dan isya, biasanya diwaktu-waktu tersebut otak kita dalam keadaan santai, segala aktifitas istirahatnya di waktu tersebut. ketika kita sedang dalam keadaan tenang maka bukalah pelajaran-pelajaran yang sudah kita pelajari sebelumnya.

2.    Dibaca berulang-ulang

Dalam memahi pelajaran diperlukan kesungguhan dalam mempelajarinya, pengulangan secara terus menerus terhadap apa yang dia baca sampai benar-benar faham, didalam kitab ta’lim muta’lim dikatakan “Hapalan akan lari, tapi tulisan tetap berdiri" dikatakan lagi: "Yang disebut ilmu yaitu segala apa yang didapat dari ucapan ahli ilmu, karena mereka telah menghafal hal-hal yang bagus dari hasil pendengarannya dan mengucapkan yang bagus itu dari hafalan tersebut".

3.    LADUNI (Ilate Kudu Muni)

Pengertian laduni disini bukan 'ilmu yang bersumber dari Allah kelubuk hati manusia tanpa belajar', sekali lagi bukan itu, karena disini kita membicarakan proses. Yang dimaksud dengan laduni disini adalah “belajar dengan teknik mengeraskan suara sebagai salah satu cara untuk mengoptimalkan penggunaan potensi otak kiri dan otak kanan secara seimbang). Metode ini ditemukan dan dikembangkan oleh pesantren Bayt Tamyiz (Baca tulisan saya sebelumnya Terjemah Qur'an Gampang dan Mudah Dalam Hitungan Jam ). Dengan mengeraskan ditambah dengan pengulangan maka otak bawah sadar kita akan mencerna dan menangkap materi dengan mudah. Untuk lebih spesifik lagi saya berikan contoh : Anak-anak cenderung lebih cepat menghafal syair lagu dari pada pelajaran disekolah mereka.

4.    Mencuri hati guru

Sahabat Ali ra berkata: "Sayalah menjadi hamba sahaya orang yang telah mengajariku satu huruf. Terserah padanya, saya mau dijual, di merdekakan ataupun tetap menjadi hambanya." Kemudian Guru kita Syaikhul Imam Sadiduddin Asy-Syairaziy berkata : Guru-guru kami berucap : "bagi orang yang ingin putranya alim, hendaklah suka memelihara, memulyakan, mengagungkan, dan menghaturkan hadiah kepada kaum ahli agama yang tengah dalam pengembaraan ilmiyahnya. Kalau toh ternyata bukan putranya yang alim, maka cucunyalah nanti." (Dikutip dari kitab ta’lim muta’lim). Dalam hal ini peranan seorang guru begitu sangat penting, tanpa perantaraan guru mustahil kita mengenal huruf, mustahil kita bisa membaca, mustahil bisa pintar memahami ilmu pengetahuan. Dalam hal ini kita seharusnya tahu bagaimana cara berpsikap terhadap guru-guru kita, bertutur kata yang manis, bahkan anak-anak mereka mempunyai hak yang sama, kita hormati, menjaga supaya layak dalam pandangannya. Sebagai seorang siswa ada banyak cara untuk menyenangkan hati guru, kesungguhan dalam belajar, rajin, dan mematuhi peraturan, sudah cukup membuat mereka bangga. Bila perlu berbasa-basilah terhadap mereka dengan bersikap manis tunjukkan bahwa kalian adalah siswa teladan yang mudah dikenal oleh guru diantara siswa lain, ini perlu, mengingat bukan hanya segi kecerdasan yang menjadi pertimbangan penilaian bagi seorang guru, melainkan dari segi akhlak, yang meliputi sikap, tindakan selama berada di lingkungan keluarga, sekolah dan pergaulan.

5.    Istiqomah dan Berdoa

Terus menerus dalam belajar tetap optimis, berusaha menjadi yang terbaik apapun hasil yang akan diperoleh nantinya, diiringi dengan doa supaya Allah memberikan kemudahan dalam belajar. Dibawah ini doa-doa yang berhubungan dengan belajar, silahkan diamalkan.

Doa Sebelum Belajar 




Demikianlah  Cara Menjadi Pintar di Sekolah dan Juara Kelas, semoga bermanfaaat. Semangat belajar Anak-anak Indonesia, buktikan kalianlah yang terbaik.

Artikel Kumpulan cerpen misteri nyata terbaru Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Peraturan Berkomentar :
1. Berkomentarlah sesuai artikel diatas
2. Untuk berkomentar gunakan (Open ID, Google akun, Name URL)
3. Berkomentarlah menggunakan bahasa yang jelas!
4. Relevan dan Sopan
5. Dilarang menyertakan link hidup
6. Dilarang Spam
7. Dilarang Promosi

Copyright © 2016 Kumpulan cerpen misteri nyata terbaru